Pages

Kamis, 17 Februari 2011

0 DISKUSI TENTANG FUNGSI DAN MANFAAT EKOLOGI HUTAN MANGROVE

Hari Rabu, Tanggal 16 Pebruari 2011
BIOTA Foundation, menyelenggarakan diskusi dengan para Mahasiswa Undip  yang lagi melaksanakan KKN Tahun 2011 di Kelurahan Mangunharjo Tugu Kota Semarang , diskusi dilaksanakan di bawah hutan cemara laut di pesisir pantai Mangunharjo. Naras Sumber Direktur Konservasi BIOTA (Sururi) dan Ketua BIOTA (Abdul Aziz)

POKOK PEMBAHASAN DALAM DISKUSI

Ekosistem hutan mangrove adalah salah satu ekosistem pesisir yang komponen tumbuhnya berupa hutan mangrove beserta fauna dan habitatnya yang khas.
Organisme yang bisa ditemui mulai dari berbagai jenis ikan, udang, kerang, hingga berbagai jenis burung dan juga reptilia seperti ular dan biawak
Hutan mangrove adalah salah satu tipe hutan dengan jenis tumbuhan tertentu yang tumbuh dan berkembang terutama pada tanah lumpur aluvial di sepanjang pantai atau muara sungai yang berada di dalam jangkauan pasang surut air laut.
Jalur Hijau Hutan Mangrove adalah jalur hutan mangrove yang ditetapkan sebagai jalur hijau di daerah pantai dan di tepi sungai, dengan lebar tertentu yang diukur dari garis pantai dan tepi sungai yang berfungsi lindung.
Kawasan Lindung adalah kawasan yang ditetapkan dengan fungsi utama melindungi kelestarian lingkungan hidup yang mencakup sumberdaya alam, sumberdaya buatan dan nilai sejarah serta budaya bangsa guna kepentingan pembangunan yang berkelanjutan
Kawasan Budidaya adalah kawasan yang ditetapkan dengan fungsi utama untuk dibudidayakan atas dasar kondisi dan potensi sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan sumberdaya buatan.
Adaptasi Terhadap Tanah yang Kurang Stabil dan Adanya Pasang-Surut
 Mengembangkan struktur akar yang sangat ekstensif dan membentuk jaringan horizontal yang lebar. Di samping untuk memperkokoh pohon, akar tersebut juga berfungsi untuk mengambil unsur hara dan menahan sedimen.
Aspek Fisika
ú Adanya mekanisme hubungan antar komponen dalam ekosistem mangrove dan hubungan antar komponen dengan ekosistem lain (ekosistem estuaria, lamun dan karang)
ú  Pelindung pantai yang sangat baik dari arus dan ombak, sehingga  mampu mencegah terjadinya erosi /abrasi pantai.
ú  Mampu meredam pengaruh gelombang dan angin dari laut, serta berfungsi sebagai sediment trap (penjebak sedimen / lumpur).
Aspek Fisika
ú  Adanya mekanisme hubungan antar komponen dalam ekosistem mangrove dan hubungan antar komponen dengan ekosistem lain (ekosistem estuaria, lamun dan karang)
ú  Pelindung pantai yang sangat baik dari arus dan ombak, sehingga  mampu mencegah terjadinya erosi /abrasi pantai.
ú  Mampu meredam pengaruh gelombang dan angin dari laut, serta berfungsi sebagai sediment trap (penjebak sedimen / lumpur).
Aspek Biologi
ú  Daerah pemijahan (spawning ground) bagi banyak organisme perairan
ú  Daerah asuhan (nursery ground) bagi banyak organisme perairan
ú  Habitat yang baik bagi banyak organisme.

Nah diskusi sudah selesai dilanjutkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta diskusi  tentang fungsi dan manfaat ekologi hutan mangrove sudah dijawab dengan  jelas oleh naras sumber dilanjutkan kegiatan penanaman bibit mangrove.

SELAMAT BELAJAR, SEMOGA APA YANG KAMI SAMPAIKAN DAPAT BERMANFAAT

0 komentar:

Posting Komentar