Pages

Kamis, 10 Februari 2011

3 PELATIHAN PENGOLAHAN MAKANAN BERBAHAN DASAR BUAH MANGROVE

Pada Tanggal 16 Januari 2011 bertempat di Markas, BIOTA Foundation   Jl. Laut Mangunharjo Tugu Kota Semarang telah mengadakan pelatihan tentang pengenalan dan pemanfaatan hutan mangrove serta pengelolaan makananan berbahan dasar buah mangrove, kegiatan ini dilakukan sebagai program pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya pesisir.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan IPPHTI (Ikatan Petani Pengendalian Hama Terpadu) Kabupaten Brebes, Kelompok Tani Bumi Lestari dan didukung oleh  Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Ketua BIOTA Foundation  ABDUL AZIZ, menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam rangka studi banding  dari Kabupaten Brebes yang di komandani Bapak Mashadi dengan membawa 23 orang, dari  Desa KALIWLINGI 9 (sembilan) orang, Desa RANDUSANGA KULON 6 (enam) Orang, Desa PAGEJUGAN 4 (empat) Orang, didampingi oleh PPL Dinas Perikanan dan Dinas Kelautan Kabupaten Brebes.  IIWC  15  orang (Korea, Jerman & Belgia), Wanita Tani Mangunharjo 6 (orang), total peserta 50 (Lima puluh orang)  pelatihan pengolahan makanan berbuah dasar mangrove di pimpinan IBU NUR CHAYATI (Sekretaris BIOTA Foundation).

 Pelatihan di bantu oleh Bapak SURURI  (Direktur Konservasi BIOTA Foundation) telah mempersiapkan buah AVICENIA (API-API) untuk bahan dasar pembuatan BOLU MANGROVE, PUDING MANGROVE DAN KLEPON MANGROVE,  setelah dijelaskan secara rinci  seperti dalam buku resep panganan dari tumbuhan mangrove,  para peserta mengadakan praktek secara langsung pembuatan kue dari mangrove tersebut, setelah setelah hasil pembuatan kue mangrove di makan bersama dan di bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pelatihan dilaksanakan dengan sukses dan tutup pada jam 15.30 WIB, sebelumnya para peserta  memberikan kesan dan pesan tentang pelatihan yang baru saja dilakukan, sebagai kenang-kenangan peserta diberikan oleh-oleh antara LAIN  1. Buku resep panganan dari tumbuhan mangrove, 2. Sertifikat pelatihan  3.   Kue mangrove  dan puding mangrove, dengan harapan dapat di kembangkan di kabupaten Brebes, SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES SELALU, SELAMAT BERJUANG  UNTUK SELAMATKAN MANGROVE. 











3 komentar:

Cengrong Mangrove mengatakan...

Kami merindukan pelatihan serupa itu,,,,, bagaimana caranya ya....

Unknown mengatakan...

Itu buah mangrovenya jenis apa yaa ..

Unknown mengatakan...

Itu buah mangrovenya jenis apa yaa ..

Posting Komentar