Pages

Jumat, 11 Februari 2011

2 UJI COBA BUDIDAYA PENGEMUKAN KEPITING BAKAU



Pada hari Senin, Tanggal  31 Januari 2011

LATAR BELAKANG.



Berkembangannya pangsa pasar kepiting bakau (scylla serrata) baik di dalam maupun diluar negeri adalah suatu tantangan untuk meningkatkan  hasil produksi secara berkesinangungan dengan mengandalkan produksi semata dari alam/tangkapan jelas sepenuhnya dapat diharapkan kesinanbungan produksinya, untuk itu perlu adanya usaha budidaya bagi jenis kepiting bakau yang mempunyai nilai ekonomis.
Usaha budidaya kepiting bakau harus didukung oleh tersedianya  lahan yang bebas polusi, benih dan kemanpuan penelolaan secara teknis maupun   manajemen. Lahan pemeliharaan dapat menggunakan tambak tradisional sebagai dipakai untuk memelihara udang dan bandeng.
JENIS KEPITING 
Kepiting yang dipelihara pada budidaya ini pengemukan ini adalah ukurari kegiatan an berukuran export dengan berat rata-rata per kg berisi 3 ekor, dari jenis kelamin jantan maupun betina yang masih kropos, jangka waktu pengemukan berkisar 25-30 hari, kepiting sudah menjadi gemuk dan berisi bila pemeliharaan secara baik. Untuk menghindari mortalitas akibat perkelahiandan antar jantan dan betina, sistem pemeliharaannya dilakukan mono sex dan hasil yang di peroleh dari kegiatan budidaya pengemukan kepiting tersebut cukup bagus.

Agar usaha budidaya pengemukan kepiting bakau tersebut bisa lestari dan berkembang dengan baik  harus melalui tahapan  antara lain pengadaan bibit, pemberian pakan dan cara pengemasannya dan pemasarannya.
Prpgram Pengembangan budidaya perikanan yang dilakukan oleh  BIOTA Foundation untuk dalam rangka untuk mendukung suksesnya perikanan yang berkelanjutan  dan menciptakan serta meningkatkan tarap hidup masyarakat pesisir dan terwujudnya masyarakat yang sejahtera, maju, mandiri dan kompetitif dalam suasana kehidupan yang kondusif.

INI HANYA INFO SEKILAS,  BAGI YANG IBERMINAT BUDI DAYA  BISA  KONTAK KAMI DAN KALAU USAHA INI DITEKUNI SECARA SUNGGUH KEBERHASILAN AKAN MENUNGGU KITA.

Semarang, 3 Pebruari 2011
KETUA BIOTA FOUNDATION




2 komentar:

Iskandar mengatakan...

Apa masih aktif dlm membudidayakan kepiting bakau? Saya mencari mitran yg bisa pasok rutin kepiting bakau ukuran 3,4,5 ons dan 1-1,5kg.

Iskandar mengatakan...

Apa masih aktif dlm membudidayakan kepiting bakau? Saya mencari mitran yg bisa pasok rutin kepiting bakau ukuran 3,4,5 ons dan 1-1,5kg.

Posting Komentar